Pages

Friday, September 26, 2014

Mengenal Nama Nama Program Pengolah Database

mysql database
Apache Derby
Pengolah database ini sebelumnya lebih dikenal dengan nama IBM Cloudscape. Apache Derby adalah aplikasi pengolah database yang sifatnya open source dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Apache Derby biasanya digunakan di program Java dan untuk memproses transaksi online.
IBM DB2
Ini adalah program pengolah database yang dikembangkan oleh IBM secara komersial. DB2 dibagi menjadi 3 varian yakni DB2 untuk Linux – Unix – Windows, DB2 untuk mainframe dan DB2 untuk iSeries.
Firebird
Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan Firebird Project. Biasanya aplikasi pengolah database ini dijalankan di Linux Windows dan beberapa varian Unix.
Microsoft SQL Server
Ini adalah aplikasi pengolah database yang dikembangkan langsung oleh Microsoft yang bersifat komersial. Tetapi, ada pula versi freewarenya. Biasanya digunakan dalam berbagai versi Microsoft Windows.
Oracle
Ini adalah program pengolah database yang bersifat komersial dan dikembangkan oleh Oracle Corporation. Oracle terbagi menjadi beberapa varian dengan tujuan dan segmen penggunaan yang bermacam – macam.
MySQL
Ini adalah aplikasi pengolah database open source dan dikembangkan oleh Oracle. MySQL adalah pengolah database yang banyak digunakan dan biasa digunakan untuk aplikasi web.
Postgres atau Postgre SQL
Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan PosgreSQL Global Development Group. Pengolah database ini hadir dalam beberapa platform sistem operasi seperti FreeBSD, Linux, Windows, Solaris, dan Mac OS.
Sybase
Ini adalah aplikasi pengolah database komersial yang dikembangkan oleh SAP. Sybase ditargetkan untuk mengembangkan aplikasi mobile.
WebDNA
Ini adalah aplikasi pengolah database yang sifatnya freeware dan dikembangkan WebDNA Software Corporation dan didesain untuk web.
Redis
Ini adalah aplikasi pengolah database terbuka atau open source yang dikembangkan Salvatore Sanfilippo dan disponsori oleh Vmware.
MongoDB
Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan langsung oleh 10gen. MongoDB saat ini tersedia untuk berbagai macam platform sistem operasi dan sudah digunakan oleh MTV Networks, Foursquare, dan Craiglist.
CouchDB
Ini adalah aplikasi pengolah database open source yang dikembangkan Apache Software Foundation. CouchDB difokuskan untuk server web

No comments:

Post a Comment