Pages

Friday, September 26, 2014

Macam Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer memiliki fungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi. Perbedaannya adalah teknologi yang digunakan misalnya IP Address, sistem keamanan, dan penggunaan jenis kabel. Jaringan tersebut terdiri dari 5 macam yaitu LAN, MAN, WAN, Internet, dan Wireless.


komputer jaringan


LAN (Local Area Network)
LAN adalah jaringan pribadi di dalam sebuah geduang. LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer dan workstation di kantor atau perusahaan misalnya untuk menggunakan scanner atau printer serta saling berbagi informasi

MAN (Metropolitan Area Network)
Ini adalah jaringan yang lebih canggih dan lebih luas daripada LAN. Biasanya, jaringan ini digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer dari kota ke kota lain. Diperlukan operator telekomunikasi yang bertugas menghubungkan jaringan misalnya jaringan Depdiknas antar wilayah atau jaringan mall antar kota.

WAN (Wide Area Network) 
Jaringan ini lebih canggih dan luas daripada MAN. Jaringan WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara. Jaringan ini terdiri dari berbagai WAN dan LAN. Karena jaringan WAN yang luas jaringan ini menggunakan kabel fiber optic dan ditanamkan di tanah atau melewati jalur bawah laut.

Internet
Internet adalah jaringan komputer global atau mendunia. Pasalnya, internet adalah jaringan-jaringan yang terhubung secara global sehingga transfer dan komunikasi data menjadi lebih mudah. Internet merupakan perpaduan berbagai jenis jaringan yang berhubungan satu sama lain.

Wireless
Wireless adalah jaringan yang memakai media transmisi data tanpa kabel. Media yang dimanfaatkan misalnya adalah inframerah, gelombang radio, microwave, dan Bluetooth. Wireless dapat difungsikan ke jaringan LAN, MAN, dan Wan. Jaringan ini ditujukan untuk keperluan mobilitas tinggi.

No comments:

Post a Comment