Pages

Tuesday, January 6, 2015

Cara Membuat Windows Seperti Iron Man dan Perintah Suara [Windows]

[WINDOWS] Kali ini saya akan membagikan tutorial lama, tapi lumayan untuk di coba, sudah lama sekali saya tidak menjamah blog ini, maaf buat para pengunjung setia karena saya sedikit sibuk di dunia nyata, jadi blog tidak terurus.

Cara Membuat Windows Seperti Iron Man dan Perintah Suara [Windows]. Komputer bisa di kendalikan dengan perintah suara ?, tentu BISA !


Langsung saja, setelah Microsoft merilis windows 8, saya sebetulnya tidak tertarik untuk sekedar mer-review nya, atau malah mencobanya, berhubung salah satu teman saya menggunakanya, jadi saya mencoba OS buatan Microsoft tersebut, saya ingat sebuah Review di windows 8 tentang Voice Command lalu saya mencobanya, hmm, sebenarnya bukan hanya di windows 8 saja aplikasi ini bisa di jalankan, melainkan di windows XP dan 7 juga bisa, baiklah sebelumnya saya akan kasih tau seperti apa tampilan desktop yang saya rombak.



Bagaimana ?, tertartik.. baiklah saya disini akan membagi caranya agar bisa seperti itu, sebelumnya kalau terjadi sesuatu dengan PC/Laptop kalian, itu bukan tanggung jawab saya, karena kalau sudah siap seperti ini, berarti sudah siap juga kalau terjadi error yang tidak di inginkan, baiklah:


INSTALL DEKORASI IRON MAN [RAINMETER]

Note: Sebelum install rainmeter dan tema, pastikan processor dan ram kamu kuat.
  • Pastikan Windows sudah aktif
  • Windows XP, 7, 8, 8.1. kalau kamu serius bisa [tested]
  • Download Rainmeter dulu untuk dekorasi layaknya Iron Man. Disini
  • Setelah itu Install
  • Download tema rainmeter Disini (note: terserah mau download yang mana, asal ngerti installnya aja)
  • Setelah di install tema nya, maka secara otomatis sudah muncul dekorasinya, tinggal sesuaikan keinginan saja
Sampai sini kita sudah memiliki dekorasi Iron man, tinggal kita isi shortcut yang kosong, dan atur sedemikian rupa, sesuai selera masing-masing.

Mengaktifkan Voice Command

Windows Voice Recognition adalah aplikasi yang ada secara bawaan, fungsinya untuk memerintahkan PC/Laptop dengan mode suara pengguna, tetapi kita harus mengaktifkan dahulu.
  • Masuk Control Panel -> Ease of Access -> Speech Recognition -> Start Voice Recognition.
  • Klik Media kamu, lalu ikuti Instruksi yang ada.
  • kalau sudah muncul icon Speech Recognition di taskbar, berarti Aplikasi telah berhasil di set dan berjalan.
  • Ucapkan "Start Listening" maka Speech Recognition akan berjalan.
  • lalu download Windows Speech Recognition Macros Disini , fungsinya agar Speech Recognition bisa bicara balik ke pengguna.
  • lalu masuk ke site DISINI , tuliskan perintah keinginan kita, ini sebagai jawaban dari Komputer kita.
  • Jalankan Windows Speech Recognation Macros, lalu itu akan muncul di taskbar
  • lalu pilih Run Program dan akan muncul tampilan seperti ini
  • Pilih Browse itu dan pilih File Suara yang sudah di download tadi.
  • lalu klik next, ubah security jadi Medium dan finish.
Sampai disini kita sudah membuat Komputer kita menjadi layaknya Jarvis di iron man, berikut komputer ku ketika saya bilang "Music"


Lihat Speech Recognition-nya, dia berubah jadi Listening karena sudah siap menerima perintah lagi. Sekian Tutorial kali ini, semoga bermanfaat !

NOTE : kalau windows tidak mengenali perintah mu, berarti spell kamu kurang baik, selain untuk mempercantik komputer, program ini bisa untuk melatih spell kita. jika ada error/ rusak, bukan tanggung jawab penulis.

No comments:

Post a Comment